Menikmati Suasana Pantai Barchan

Menikmati Suasana Pantai Barchan

Siapa yang tidak kenal pantai Parangtritis? Pantai yang terletak di Bantul, Yogyakarta ini memiliki hal-hal menarik untuk dikunjungi. Pergi ke Yogyakarta tidak sah, tetapi tidak berhenti di pantai Parangtriris. Karena itu, setiap hari pantainya selalu penuh pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

Namun di belakang pantai Parangtritis yang sibuk, ada pantai di sebelahnya dengan pemandangan yang hampir sama tetapi lebih tenang. Pantai Barchan adalah namanya. Pantai ini diapit oleh Pantai Parangtritis dan Pantai Cemoro Sewu. Dua pantai mengapit penuh dengan turis setiap hari, tidak seperti Pantai Barchan. Pantai ini memiliki pemandangan yang hampir sama dengan dua pantai, tetapi memiliki lingkungan yang sangat berbeda. Jika Anda mengunjungi Gumuk Pasir Yogyakarta, tidak akan menyenangkan jika Anda tidak berhenti di pantai ini karena lokasinya yang sangat dekat.

Pantai Barchan terletak di deretan pantai selatan yang sejajar dengan Pantai Parangtritis. Kebanyakan orang tentu sedikit aneh dengan nama pantai ini. Terlihat dari level pengunjung pantai yang masih relatif sedikit. Namun, karena tidak banyak orang tahu bahwa inilah yang mendorong saya untuk mengunjungi Pantai Barchan.

Seperti baris lain di pantai selatan, untuk mengunjungi pantai Barchan, pengunjung hanya perlu membayar tiket di portal koleksi. Selebihnya untuk masuk, kami hanya membayar biaya parkir kendaraan Rp. 3.000 untuk kendaraan bermotor. Parkir di pantai ini cukup luas. Sebuah warung kecil terletak di sebelah kiri tempat parkir untuk menjual makanan dan minuman.

Mulai memasuki area pantai Barchan, kita akan disuguhkan hamparan pasir yang cukup luas. Pohon-pohon tinggi tumbuh ke kanan dan kiri, suasana sejuk mulai terasa. Ketika mereka mendekat, garis pantai mulai muncul. Pohon masih biasa ditemukan di tepi pantai, menghiasi keindahan ombak yang mulai terlihat. Angin sepoi-sepoi pantai terasa lebih santai di pantai ini. Beberapa pengunjung yang datang ke sini menciptakan lingkungan yang tenang dan damai. Pasir di pantai yang diterangi oleh sinar matahari memunculkan kesan estetisnya sendiri di pantai selatan, yang terkenal dengan pasir hitam.

Beberapa keluarga menghabiskan waktu bermain air di bibir pantai Barchan. Ada juga yang memilih duduk di tepi pantai untuk menikmati ombak yang terus menerjang daratan ditemani angin yang terus berhembus. Beberapa anak tersebar satu demi satu dengan tawa yang berasal dari wajah mereka. Fotografer dengan kamera mereka tampak serius menangkap bentang alam dan panorama pantai yang akan membuat siapa pun terpana. Bagi saya, tempat ini sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan dan menghindari suasana kota yang sibuk.

Keindahan panorama laut tidak kalah menawan dengan pantai-pantai terkenal seperti pantai Parangtritis. Bahkan dari pantai ini, kerumunan pengunjung di Pantai Parangtritis dapat dilihat karena lokasinya yang tidak jauh. Beberapa kali naik jip di pantai melewati area ini. Masuk, rekam momen dengan mengambil foto, lalu kembali. Di pantai Barchan, kebisingan dan hiruk pikuk keramaian. Hanya suara ombak yang memenuhi telinga dibandingkan dengan suara orang-orang.

Siapa pun akan selalu suka tinggal di sini, termasuk saya. Rasakan suasana sejuk dan tenang yang jarang ditemukan di barisan lain di pantai selatan. Suasananya sempurna untuk melamun, dengan ayunan tepi pantai yang cocok untuk bersantai sampai matahari terbenam. Pantai Barchan dapat dikatakan versi Parangtritis yang tenang. Menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *